kongsi idea. Powered by Blogger.

post baru

Labels

Followers

Total Pageviews

Saturday, March 12, 2011

9 langkah bicara efektif



Kemampuan berbicara sangat penting dalam kegiatan bekerja maupun kehidupan sehari-hari. Selain kwalitas pesan yang disampaikan, cara berbicara patut diperhatikan. Pasalnya itu akan mencerminkan kepribadian kita sebenarnya. Nah agar karier dan hubungan personal berhasil, kuasai 9 langkah bicara efektif:
  1. Sebelum bicara, pikirkan dulu apa yang ingin disampaikan. rangkai kata-kata sebaik mungkin agar pesan anda mudah di cerna oleh lawan bicara. Bertuturlah dengan gaya bahasa yang pantas, santun, dan beerbasa-basilah seperlunya.
  2. Saat berbicara, sesuaikan volume dengan kondisi lingkungan. Jangan terlalu lirih, tetapi tidak pula terlalu keras bila anda duduk berdekatan.
  3. Perhatikan nada suara. Usahakan berbicara dengan nada bervariasi, dan sesekali siselingi humor tanpa menyinggung pribadi seseorang. Nada yang monoton membuat perhatianlawan bicara teralih dari focus pembicaraan atau kemungkinan bosan.
  4. berbicara terlalu cepat didepan umum, karena bisa jadi maksud Anda tak tercerna dengan baik. Berdiskusi di telepon yang sistematis dan tidak berlambat-lambat.
  5. Perhatikan siapa yang diajak berbicara dalam suasana apa, materinya apa, dan sebagainya. Ini penting, terutama bila urusannya berkaitan dengan pekerjaan.
  6. Saat berbincang, perhatikan bahasa tubuh . Anda dapat duduk atau berdiri, tetapi yang pasti tatap mata lawan bicara agar ia menangkap kesungguhan Anda. Meski sepele, efeknya sangat besar. Ketahuilah, sungguh tidak sopan Jika tengah berbicara mata memandang ketempat lain.
  7. Gerak tangan dan tubuh, serta ekpresi wajah yang tepat akan membantu menyampaikan maksud pembicaraan Anda.
  8. Bila tidak sedang berbicara di depan umum, lakukan pembicaraan dua arah. Artinya, saling merespons dengan menyampaikan argumen untuk menghasilkan buah pembicaraan yang positif.
  9. Lakukan pembicaraan yang positif, jangan berbohong, dan usahakan apa yang Anda katakan memiliki nilai positif dan membawa manfaat bagi orang lain, sehingga ada nilai amal ibadah atau pahala buat Anda dan orang lain.

diolah oleh  : abd rahman
idea asal     : pelitaterang

0 comments

Post a Comment

klik la bawah ni.

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...